Pilih Bahasa

Legal Expo Kemenkumham Jambi

26 October 2018 | 16:02:06 WIB | Dibaca: 63 Kali    


Stand Pameran Imigrasi Jambi

Dalam Rangka Hari Dharma Karya Dhika ke-73 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi menggelar Lega Expo 2018 dengan tema “Jambi Terkini Melalui Peningkatan Budaya Sadar Hukum “PASTI” bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi ”. Kegiatan legal expo 2018 ini di hadiri dan di buka langsung oleh WaliKota Jambi Syarif Pasha, serta turut hadir para Kepala Divisi Kantor Wilayah, Para Kepala UPT lapas dan Imigrasi, para pejabat administrasi di lingkungan Kantor Wilayah, dan para warga binaan desa sadar Hukum.

 

Walikota dalam sambutannya mengatakan “Model Kampanye Hukum yang di Kemas dalam bentuk Legal Expo seperti ini di harapkan dapat mengurangi kejenuhan public terhadap penyampaian informasi Hukum dan HAM yang biasa Formal” ungkapnya. Fasha Juga mengucapkan terimakasih kepada Institusi penegak Hukum dan Ham Jambi yang telah mengikut sertakan Pemerintah Kota Jambi pada kegiatan Legal Expo kali ini.

 

Divisi Pelayanan Hukum dan HAM selaku Koordinator Pelaksana Legal Expo saat di temui Humas mengatakan Legal Expo ini di selenggarakan selama 2 hari dari tanggal 24 – 25 Oktober 2018 bertempat di Taman Remaja Kota Jambi dengan Menampilkan berbagai Stan dari Masing-masing Divisi antara lain Divisi Pelayanan Hukum dan Ham, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasi dan Divisi Administrasi.

 

Selain dari Divisi Kantor Wilayah juga di pamerkan Stan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas yang menampilkan hasil Karya Waga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seperti kerajinan Tong Sampah dari Tutup Botol, Miniatur Mobil dan Motor, aneka Kripik/snack jajanan ringan, Kerajian Gantungan Kunci dan Sauvenir dari manik2, tas dari anyaman tali dan masih banyak lagi aneka kerajinan tangan dari WBP.

 

Sementara itu ada juga Stan dari Imigrasi yang memperkenalkan Layanan Terbaru Imigrasi yakni Antrean Paspor Online serta di tempatkan juga petugas Imigrasi yang siap menjelaskan tentang panduan pengurusan permohonan paspor. Dalam kesempatan ini juga Imigrasi menyuguhkan Photo Booth untuk para pengunjung yang ingin berpoto ria mengabdikan di Momen Legal Expo ini,

 

Selanjutnya Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang memprakarsai terselenggaranya acara Legal Expo 2018 ini juga ikut menampilkan produk-produk hukum dan Layanan Hukum seperti K.I, Yankomas, Konsultasi Hukum, Pembentukan Perda dan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat yang tidak mampu yang tersangkut masalah hukum. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jambi Parsaoran Simaibang mengatakan tujuan kegiatan ini bukan hanya sekadar pameran saja, namun untuk memberi pemahaman tingkat kesadaran hukum kepada masyarakat. "Tujuannya itu agar masyarakat memahami, menghayati, dan mengamalkan, serta tingkat kesadaran hukum masyarakat lebih tinggi," harapnya. Parsaoran menambahkan “Acara legal expo ini lebih di tujukan kepada Kelompok Desa/Kawasan Sadar Hukum Binaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi.” Ungkapnya. PLT Kepala Kantor Wilayah Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan Pameran ini merupakan bagian dari penyuluhan Hukum secara tidak Langsung kepada Masyarakat.

 

"Ini bagian penyuluhan hukum kepada masyarakat, karena di dalam pameran ini adalah bagian dari visualisasi pelaksanaan penyuluhan hukum kepada masyarakat yang kami tampilkan," jelasnya. Kegiatan Legal Expo 2018 kali ini juga menghadirkan kelompok sadar hukum dari 10 kelurahan yang ada di 11 kecamatan kota Jambi. Selanjutnya pihak penyelenggara acara juga menghadirkan siswa tingkat SMA dimana siswa tersebut sebagai duta sadar hukum bentukan dan binaan Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. Selain itu panita juga menghadirkan UMKM,para seniman (pencipta lagu) di kegiatan Legal Expo ini.

 

Walikota Jambi Syarif Pasha dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang dalam sambutannya sama-sama mengatakan untuk Menuju Jambi terkini juga perlu dukungan masyarakat melalui peningkatan budaya sadar hukum dan sebagai Warga Negara perlu mengetahui hak dan kewajibannya. Demi menyemarakan Puncak HDKD ke-73 pada tanggal 30 Oktober 2018, Parsaoran mengajak salah seorang seniman untuk menciptakan lagu yang bertemakan “Jambi Terkini melalui peningkatan budaya sadar Hukum masyarakat “PASTI” bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi” dan rencananya lagu yang di ciptakan tersebut akan di Perdengarkan dalam Upacara HDKD di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi

 

Parsaoran Menambahkan lagu tersebut merupakan lagu Mars yang bisa bermanfaat untuk kota jambi maupun Kanwil Jambi dan di mana lagu tersebut rencananya akan di daftarkan di Dirjen Kekayaan Intelektual oleh Kementerian Hukum dan Ham Jambi.

Sumber : jambi.kemenkumham.go.id