Konferensi Pers Penanganan Tindak Pidana Keimigrasian Terhadap WNA Asal Myanmar

21 August 2018 | 15:04:43 WIB | Dibaca: 487 Kali    


Konferensi Pers

Jambi - (21/08/2018) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi Heru Santoso Ananta Yudha di dampingi oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Zamroni melakukan konferensi pers penanganan tindak pidana keimigrasian WNA asal Myanmar. Pada tanggal 14 Desember 2017 telah dilakukan pengamanan pemohon paspor yang dicurigai sebagai Orang Asing karena tidak dapat menjawab pertanyaan dari petugas wawancara paspor. Setelah dilakukan pemeriksaan tersangka An. Thiha Myo Htet Swe alias Kukuh Sihotang mengakui sebagai Orang Asing berkewarganeraan Myanmar, Ia ingin pulang ke Myanmar untuk menemui orang tua. Yang bersangkutan mendaftar melalui antrian paspor online dengan melampirkan KTP, KK dan Akte Lahir.

PPNS Kantor Imigrasi Kelas I Jambi melakukan penyidikan WNA Myanmar An. Thiha Myo Htet Swe alias Kukuh Sihotang yang di duga melanggar Pasal 126 huruf c Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dan menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi.

Pada tanggal 08 Februari 2018 Kejaksaan Tinggi Jambi memberitahukan bahwa hasil penyidikan perkara pidana atas nama tersangka Thiha Myo Htet Swe alias Kukuh Sihotang telah lengkap. PPNS Kantor Imigrasi Kelas I Jambi pada tanggal 12 Februari 2018 melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Jambi. Sidang perdana terhadap terdakwa An. Thiha Myo Htet Swe aliah Kukuh Sihotang pada tanggal 22 Februari 2018, setelah melalui beberapa kali persidangan di Pengadilan Negeri Jambi akhirnya pada hari Kamis tanggal 03 Mei 2018 dijatuhkan vonis terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 8 (delapan) bulan dan denda Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan.

Setelah menjalani hukuman kurungan, pada tanggal 12 Agustus 2018 pukul 08.30 WIB Thiha Myo Htet Swe alias Kukuh Sihotang bebas dari LP Jambi dan diserahterimakan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Jambi untuk dipulangkan ke negara asalnya. Kantor Imigrasi Kelas I Jambi melakukan koordinasi dengan Kedutaan Myanmar untuk pemulangan warga negaranya. Pada tanggal 14 Agustus telah terbit Dokumen Perjalanan dari Kedutaan Myanmar untuk Thiha Myo Htet Swe alias Kukuh Sihotang dan akan diberangkatkan ke Myanmar pada tanggal 23 Agustus 2018.

Demikian kronologis penanganan tindak pidana keimigrasian WNA asal Myanmar.