Pilih Bahasa

Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Bulan Maret 2018

10 March 2018 | 16:50:19 WIB | Dibaca: 135 Kali    


Ruang Tunggu Pelayanan imigrasi

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik utamanya melalui pelayanan masyarakat pemohon jasa keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Jambi secara rutin melakukan survey terhadap kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas Jambi. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana pelayanan masyarakat harus memenuhi standarisasi yang diatur dalam ketentuan tersebut. Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) periode Januari, Februari dan Maret 2018, survey dilakukan terhadap 35 sample per bulan (masyarakat pemohon jasa keimigrasian) dengan 8 unsur pertanyaan untuk 2 persepsi; Kualitas Layanan (KL) dan Harapan Konsumen (HK). 8 unsur questioner dengan masing- masing nilai persepsinya adalah:

  1. Persyaratan Pelayanan (KL 3,93 dan HK 3,80);
  2. Prosedur Pelayanan (KL 3,85 dan HK 3,85);
  3. Waktu Pelayanan (KL 3,95 dan HK 3,87);
  4. Biaya/ Tarif (KL 3,76 dan HK 3,79);
  5. Produk/ Jasa (KL 3,86 dan HK 3,84);
  6. Kompetisi petugas pelaksana/ sistem (KL 3,90 dan HK 3,83);
  7. Perilaku pelaksana/ Kemudahan sistem (KL 3,93 dan HK 3,66);
  8. Penanganan pengaduan, saran, masukan (KL 3,97 dan HK 3,87).

Dari hasil survey diperoleh nilai untuk Kualitas Layanan 31,15 dan Harapan Konsumen 31,37 dan dari hasil tersebut diperoleh nilai 122,16 (Rumus: Harapan x Kualitas). Pelaksanaan survey dilakukan pada tangga 29 Maret 2018.

Demikian hasil Indeks Kepuasan Masyarakat ini dibuat sebagai bahan informasi bagi pimpinan dan sebagai tolak ukur untuk mengambil kebijakan-kebijakan maupun upaya peningkatan mutu pelayanan dalam pelaksanaan tugas dimasa mendatang untuk terwujudnya Imigrasi yang mandiri dan dicintai masyarakat khususnya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik diwilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Jambi.