Pilih Bahasa

Pembentukan TIM PORA Tingkat Kecamatan Wilayah Kota Jambi

23 February 2018 | 09:30:41 WIB | Dibaca: 485 Kali    


Timpora Tingkat Kecamatan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi Bapak Heru Santoso Ananta Yudha kukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kecamatan Wilayah Kota Jambi yang dihadiri oleh Plt. Walikota Jambi yang diwakilkan oleh Setda Kota Jambi Bapak Budidaya. Tim Pengawasan Orang Tingkat Kecamatan dihadiri oleh instansi-instansi terkait yakni Koramil Jambi Selatan, Polsek Jambi Selatan, Koramil Jambi Timur, Polsek Jambi Timur, Koramil Telanaipura, Polsek Telanaipura, Koramil Pasar Jambi, Polsek Jambi, Polsek Kotabaru, Koramil Danau Teluk, Koramil Pelayangan, Polsek Pelayangan, Polsek Jelutung dan Kecamatan-Kecamatan di Wilayah Kota Jambi yakni Kecamatan Jambi Selatan, Kecamatan Jambi Timur, Kecamatan Telanaipura, Kecamatan Pasar Jambi, Kecamatan Danau Teluk, Kecamatan Pelayangan, Kecamatan Jelutung, Kecamatan Danau Sipin dan Kecamatan Alam Barajo.

 

Setelah melaksanakan kegiatan pengukuhan dilanjutkan dengan rapat koordinasi TIMPORA. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi, Bapak Heru Santoso Ananta Yudha menjelaskan bahwa berdasarkan amanat UU 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian perlu dibentuk Tim Pora, dimana Tim Pora ini adalah sebagai perpanjangan tangan pihak imigrasi dalam mengawasi kegiatan orang asing di wilayah. Apabila terdapat orang asing yang dicurigai, imigrasi akan membuka hotline kontak yang dapat dihubungi. Timpora kecamatan akan dibekali pengetahuan terkait peraturan keimigrasian, Dalam beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan sosialisasi keimigrasian terhadap para Babinsa dalam naungan Kodim 0415 Batanghari, Kecamatan bisa meminta/memperoleh informasi dari tempat yang dicurigai terdapat orang asing, nantinya tim imigrasi yang akan turun ke lapangan, tutupnya.

 

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Bapak Zamroni menjelaskan Pembentukan Tim Pora terdapat dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 50 tahun 2016. Tim Pora adalah wadah pengumpulan informasi, yang selanjutnya mohon diteruskan informasi dalam rapat ini ke jajaran lurah di bawah kecamatan masing-masing. Keterlibatan pihak kecamatan sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi terkait pada kegiatan orang asing di wilayah masing-masing. Indonesia menerapkan selective policy, yaitu hanya orang asing yang benar-benar memberikan manfaat yang dapat masuk ke Indonesia.