Sosialisasi Kewajiban Bagi Pemilik Hotel dan Tempat Penginapan

09 January 2017 | 16:24:13 WIB | Dibaca: 883 Kali    


Sosialisasi Kewajiban Bagi Pemilik Hotel dan Tempat Penginapan

Jambi – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi JULIASMAN PURBA Membuka Kegiatan Sosialisasi Kewajiban Bagi Pemilik dan Pengurus Tempat Penginapan pada (17/09). Acara ini dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Klas I Jambi di salah satu Hotel di Kota Jambi. Narasumber pada kegiatan Sosialisasi ini adalah Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Eddy Setiadi. Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Pemilik Hotel dan Penginapan yang ada di Provinsi Jambi.

 

Dalam Sambutannya JULIASMAN PURBA mengatakan Tugas-tugas keimigrasian dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dimana pada pasal 1 (satu) undang-undang tersebut menyatakan Keimigrasian adalah hal ikhwal lalu lintas orang yang masuk dan keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara. Tugas tersebut diimplementasikan sebagai bagian urusan Pemerintahan Negara dalam memberikan Pelayanan Keimigrasian, Penegakan Hukum, Keamanan Negara dan Fasilitator Pembangunan Kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan Pemberitahuan data mengenai orang asing yang menginap merupakan kewajiban bagi pemilik atau pengurus tempat penginapan yang ada dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Klas I Jambi sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian terhadap orang asing, sehingga dapat mencegah orang asing melakukan pelanggaran hukum dan dapat mematuhi peraturan yang berlaku di Wilayah Indonesia khususnya Provinsi Jambi. Diakhir sambutannya Juliasman Purba berharap agar kegiatan ini membuahkan hasil yang bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat tercapai koordinasi yang efektif dalam rangka peningkatan pengawasan orang asing. (HUMAS)